Nehe, May Delsis Sukartin (2020) INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PENGAJARAN DESTILASI. Undergraduate thesis, UNIMED.
Nim.4143131024 COVER.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
2. NIM 4143131024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
3. NIM 4143131024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
4. NIM 4143131024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (918kB) | Preview
5. NIM 4143131024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 4143131024 TABLES.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
7. NIM 4143131024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
8. NIM 4143131024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
9. NIM 4143131024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 4143131024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (830kB) | Preview
14. NIM 4143131024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pada penelitian ini dilakukan inovasi pembelajaran berupa inovasi pada bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar berbasis proyek yang standar untuk digunakan pada pengajaran Destilasi dalam Kimia Pemisahan. Ke dalam bahan ajar ini diintegrasikan proyek berupa studi literatur, proyek berupa studi lapangan dan proyek berupa kegiatan praktikum dan multimedia berupa video animasi dan video praktikum yang kemudian digabungkan ke dalam satu e-book berformat PDF. Bahan ajar distandarisasi menggunakan angket validasi BSNP lalu direvisi sehingga diperoleh bahan ajar yang standar. Bahan ajar kemudian diuji coba kepada mahasiswa jurusan Kimia semester V angkatan 2017. Berdasarkan hasil standarisasi kelayakan bahan ajar didapatkan bahwa hasil rata-rata yang diperoleh untuk kelayakan isi sebesar 3,64; kelayakan bahasa sebesar 3,71; kelayakan penyajian sebesar 3,76; dan kelayakan kegrafikan sebesar 3,71 sehingga diperoleh rata-rata 3,7 yang menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid sehingga sangat layak digunakan dan tidak perlu direvisi. Kemudian dilakukan uji coba bahan ajar untuk mengetahui aktivitas (psikomotorik) mahasiswa melalui pengerjaan tugas proyek dan respon mahasiswa setelah menggunakan bahan ajar. Pada saat pengerjaan tugas berupa proyek yang terintegrasi kegiatan laboratorium maka dilakukan penilaian terhadap aktivitas mahasiswa yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu : tahap prakerja, pelaksanaan proyek dan pelaksanaan praktikum. Berdasarkan hasil uji coba bahan ajar maka diperoleh persentase aktivitas mahasiswa sebesar 78% – 84% dan respon mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan melalui angket persepsi mahasiswa dengan rata-rata hasil 77,14% - 92,86% yang menunjukkan bahwa mahasiswa merasa puas dan dapat lebih mengerti terhadap bahan ajar inovatif berbasis proyek pada materi destilasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inovasi, Bahan Ajar Berbasis Proyek, Multimedia, Destilasi, Psikomotorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 08:06 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41652 |