Br Ginting, Feby Aloina (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS PROYEK UNTUK KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA SESUAI KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163131012 COVER.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
2. NIM. 4163131012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
3. NIM. 4163131012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. NIM. 4163131012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
5. NIM. 4163131012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (904kB) | Preview
6. NIM. 4163131012 TABLES.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
7. NIM. 4163131012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
8. NIM. 4163131012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
9. NIM. 4163131012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4163131012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
14. NIM. 4163131012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pada penelitian ini dilakukan pengembangan modul pembelajaran kimia pada materi ikatan kimia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kriteria kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan sesuai standar BSNP buku yang digunakan sebagai dalam pembelajaran kimia pada tingkat SMA, (2) Memperoleh modul berbasis proyek pada materi ikatan kimia yang telah memenuhi standar BSNP, (3) Mengetahui kelayakan modul sesuai standar BSNP oleh dosen kimia Unimed dan guru kimia SMA Negeri 17 Medan serta penilaian aspek tampilan, materi dan manfaat oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and development/R&D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu analisis silabus dengan kurikulum yang sesuai saat ini, analisis buku oleh peneliti, perancangan dan pengembangan bahan ajar, validasi modul oleh dosen dan guru dengan menggunakan instrumen angket BSNP kemudian respon siswa terhadap modul yang dikembangkan. Rata-rata analisis modul berbasis proyek oleh dosen yang telah dikembangkan adalah 3,74 yang berarti modul sudah valid dan tidak perlu direvisi. Rata-rata analisis modul oleh guru kimia berbasis proyek yang telah dikembangkan adalah 3,56 yang berarti modul sudah valid dan tidak perlu direvisi. Rata-rata dari penilaian dosen dan guru sebesar 3.66 artinya valid dan tidak perlu direvisi. Penilaian persentasi tingkat kepuasan siswa terhadap modul yang sudah dikembangkan sebesar 90,01%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Modul Berbasis Proyek, Instrumen BSNP, Ikatan Kimia, Validasi Modul |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 07:49 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41648 |