Amanda, Amin Rezeki (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN AUTOCAD UNTUK MATA KULIAH MENGGAMBAR TEKNIK DIPROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153311002 COVER.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
2. NIM. 5153311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5153311002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
4. NIM. 5153311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
5. NIM. 5153311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
6. NIM. 5153311002 TABLE.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
7. NIM. 5153311002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
8. NIM. 5153311002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
12. NIM. 5153311002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (975kB) | Preview
13. NIM. 5153311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana kelayakan modul sebagai bahan ajar menurut dosen ahli Prodi PTB FT Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian pengembangan. Mengadaptasi model pengembangan 4D (Four-D) Thaigarajan. Pada penelitian ini dilakukan empat tahapan pengembangan sebagai berikut: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan modul agar layak digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah menggambar teknik Prodi PTB Universitas Negeri Medan. Produk pengembangan modul memerlukan validasi dalam rangka evaluasi inofatif. Validasi tersebut diperoleh dari para subjek yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan pemakai produk yaitu mahasiswa Prodi PTB FT Universitas Negeri Medan. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yang diperoleh dari sebaran angket data kualitatif berupa uraian saran dan masukan tertulis oleh responden sebagai data tambahan.
Berdasarkan data hasil validasi ahli materi yang meliputi aspek panduan informasi dan konten bahan ajar diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,7 dengan kategori Sangat layak. Selanjutnya data hasil validasi ahli media diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,3 dengan kategori Sangat layak. Kemudian data hasil uji coba terhadap kelompok kecil yaitu 5 (lima) mahasiswa diperoleh rata-rata skor hasil penilaian sebesar 4,61 dengan kategori sangat layak. Secara keseluruhan hasil validasi uji coba pengembangan modul ini memperoleh nilai sangat layak. Berarti bahwa modul ini layak digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa Prodi PTB FT Universitas Negeri Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Autocad, Four-D, Penilitian dan Pengembangan, Modul Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education N Fine Arts > NB Sculpture > NB1160 Designs and technique |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 29 Mar 2021 04:17 |
Last Modified: | 29 Mar 2021 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41640 |