Aruan, Leni (2020) Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah SD Negeri Kec. Buntu Pane Kab. Asahan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163311052_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1163311052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM. 1163311052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 1163311052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. NIM. 1163311052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 1163311052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 1163311052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 1163311052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1163311052_BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM. 1163311052_BAB V.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
14. NIM. 1163311052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter karena
orang- orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial
mereka yang memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Mengingat
begitu urgentnya karakter, maka institut pendidikan memiliki tanggung jawab
untuk menanamkannya melalui proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui (1) perencanaan pendidikan karakter (2) nilai- nilai pendidikan
karakter (3) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang
terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Subjek
penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru, siswa serta orang tua. Data dikumpulkan
melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesahan data diperoleh
melalui proses mengecek kebenaran data atau informasi yang diperoleh peneliti
dari sumber dan teknik.
Hasil peneliti menunjukan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter
dalam budaya sekolah di SD Negeri Kec. Buntu Pane Kab Asahan tercermin
dalam lapisan budaya yaitu artifak. Nilai dan keyakinan, artifak yang terwujud
dalam perwujudan fisik serta perilaku warga sekolah. (2) Nilai- nilai pendidikan
karakter yang ditetapkan yaitu nilai religius, nilai jujur, nilai disiplin, nilai
semangat kebangsaan, serta nilai bersahabat, dan nilai perduli lingkunga (3)
terdapat faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai karakter. Faktor
pendukungnya yaitu dukungan kerja sama yang baik antara lingkungan sekolah
maupun warga sekolah , sarana dan prasarana yang memadai sehingga penanaman
karakter yang telah diberikan akan maksimal.. Sedangkan faktor penghambatnya
kurangnya pahamnya guru tentang program pendidikan karakter yang telah
diterapkan serta kesadaran peserta didik yang masih kurang akan peraturan-peraturan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendidikan; Karakter; Budaya Sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2021 08:36 |
Last Modified: | 08 Apr 2021 08:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41614 |