Sutiani, Ani (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TERMOKIMIA DI MAN 2 MODEL MEDAN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 24 (1). pp. 22-27. ISSN 0852-0151
PEER REVIEWER.pdf - Published Version
Download (922kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Discovery Learning (DL) pada pembelajaran termokimia. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 9 MAN 2 Model Medan dengan total sampel sebanyak 42 siswa. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan. Pokok bahasan yang dibahas adalah Termokimia. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 83,38 dengan nilai terendah sebesar 71 dan nilai tertinggi sebesar 89. Jumlah siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 22 orang (52,38%). Pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah sebesar 89,91 dengan nilai terendah sebesar 72 dan nilai tertinggi sebesar 95. Jumlah siswa yang telah mencapai KKM sebanyak 37 orang (88,10%). Terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 35,72%.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Discovery Learning; hasil belajar; Termokimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 24 Mar 2021 05:01 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41605 |