Simanjuntak, Kristina Ronauli (2020) Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Model Pembelajaran Inkuiry Pada Hasil Belajar Siswa Pada Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 7 Medan T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 7161144024 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 7161144024 APPOVRAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3 NIM 7161144024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4 NIM 7161144024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
5 NIM 7161144024 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6 NIM 7161144024 TABLES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
7 NIM 7161144024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8 NIM 7161144024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9 NIM 7161144024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
13 NIM 7161144024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14 NIM 7161144024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan model pembelajaran Problem Based Learnig dan Inkuiry terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning apakah lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiry pada siswa kelas X OTKP SMK Negeri 7 Medan T.P 2019/2020.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan T.P 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 206 orang yang terdiri dari 6 kelas. Maka sampel yang digunakan adalah kelas X OTKP 5 yang berjumlah 34 orang dan kelas X OTK 6 yang berjumlah 34 orang. Teknik penentuan sampel dilakukan menggunakan Purposive Sampling, dimana kelas X OTKP 5 sebagai kelas ekperimen 1 dan X OTKP 6 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku Korespondensi yang sudah dianggap valid. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah 33,38 dan 82,96 serta hasil rata-rata pre-test dan post-test dengan model pembelajaran Inkuiry adalah 38,97 dan 74,88. Hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t dan variabel yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning diperoleh thitung sebesar 3,605 sedangkan ttabel sebesar 1,668 pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 thitung > ttabel (3,605 > 1,668), maka hipotesis penelitian diterima. Sedangkan variabel yang menggunakan model pembelajaran Inkuiry diperoleh thitung sebesar 3,589 sehingga thitung > ttabel (3,589 > 1,668 ), maka hipotesis penelitian diterima.
Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiry terhadap hasil belajar siswa dan Hasil belajar siswa yang diperoleh dengan menggunkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pada model pembelajaran Inkuiry pada mata pelajaran korespondensi kelas X OTKP SMK Negeri 7 Medan T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiry; dan Hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC5900 Correspondence schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 08:12 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41604 |