PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER I MAN 1 LANGKAT T.P. 2019/2020

Rahmadani, Sri (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER I MAN 1 LANGKAT T.P. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4152121041 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4152121041 COVER.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4152121041 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4152121041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4152121041 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4152121041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4152121041 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4152121041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (983kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4152121041 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4152121041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4152121041 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4152121041 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4152121041 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4152121041 TABLES.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4152121041 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4152121041 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4152121041 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4152121041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4152121041 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4152121041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4152121041 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4152121041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantu Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis kelas XI Di MAN 1 Langkat T.A 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian Two Group Pretes – Posttes design. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA -2 berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-4 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 20 buah yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Sebelum dilakukannya pembelajaran terlebih dahulu dilakukan pretest kepada kedua kelas. Kemudian dilakukan Uji Normalitas, uji Homogenitas, dan uji-t 2 pihak terhadap hasil pretes kedua kelas untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal siswa. . Uji Normalitas kelas kontrol diperoleh Lhitung< Ltabel (0,143 < 0,161) dan kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,157 < 0,161) sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji Homogenitas diperoleh Ftabel =1,86 dengan kriteria pengujian homogenitas Fhitung < Ftabel yakni 0,837 < 1,86 maka dapat dinyatakan bahwa kedua sampel memiliki varians yang sama. Uji t- 2 pihak thitung< ttabel (0,435< 2,002), maka kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah hasil uji dinyatakan normal dan homogen, kemudian dilaksanakan pembelajaraN Discovery Learning di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional di kelas kontrol.. Untuk hasil postest dilakukan kembali uji Normalitas, uji Homogeneitas, dan uji-t 1 pihak
Uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak, hasil perhitungan statistik diperoleh nilai thitung sebesar 18,58 dan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 58 adalah 2,002 sehingga thitung > ttabel (18,58 > 2,002). Adanya perbedaan tersebut, berarti ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida Statis di kelas XI semester I MAN 1 Langkat T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:47
Last Modified: 23 Mar 2021 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41582

Actions (login required)

View Item
View Item