Nuraini (2020) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153121047 COVER.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
2. NIM. 4153121047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
3. NIM. 4153121047 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4. NIM. 4153121047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
5. NIM. 4153121047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (787kB) | Preview
6. NIM. 4153121047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
7. NIM. 4153121047 TABLES.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
8. NIM. 4153121047 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
9. NIM. 4153121047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4153121047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
14. NIM. 4153121047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (682kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Khalifah T.P 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pmbelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional. Untuk kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen test sebanyak 15 soal pilihan berganda yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbasis Macromedia Flash pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke diperoleh nilai rata-rata postest sebesar 77,14 dengan nilai tertinggi 93,3 dan nilai terendah 60,00 serta simpangan baku 8,87 dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 70,035 dengan nilai tertinggi 86,7 dan nilai terendah 53,3 serta simpangan baku 9,55. Hasil Uji hipotesis menunjukkan thitung = 2,98 > ttabel = 1,68, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran STAD memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Student Team Achievement Division, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 07:40 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 10:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41580 |