Pasaribu, Luvita A.V (2021) Analisis Kemampuan Menkontruksi Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA St. Thomas 3 Medan T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143111038 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM 2143111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
3. NIM 2143111038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM 2143111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM 2143111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM 2143111038 TABLE.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
7. NIM 2143111038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM 2143111038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
12. NIM 2143111038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. NIM 2143111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan hasil penelitian dari beberapa peneliti terdahulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengkontruksi teks eksplanasi siswa kelas XI SMA St. Thomas 3 Medan tahun pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMA St. Thomas 3 Medan tahun pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 150 orang. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, 34 siswa dari kelas XI MIPA-2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Kemampuan siswa mengenai mengkontruksi teks eksplanasi akan dinilai dari empat aspek, yaitu isi, organisasi (struktur), kosakata, dan mekanika penulisan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan mengkontruksi teks eksplanasi siswa kelas XI SMA SMA St. Thomas 3 Medan tahun pembelajaran 2020/2021 berada dikategori baik dengan rata-rata nilai 79. Rata-rata kemampuan mengkontruksi teks eksplanasi dari ketuntasan belajar kelas adalah baik dengan persentase 79% siswa mampu mengkontruksi teks eksplanasi. Bagi siswa, hendaknya lebih banyak membaca materi teks eksplanasi dan latihan untuk meningkatkan kemampuan tentang mengkontruksi teks eksplanasi. Bagi guru, hendaknya lebih menekankan pembelajaran mengenai mengkontruksi teks eksplanasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-IND-040 |
Keywords: | Teks eksplanasi; Guru; Ketuntasan belajar |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P321 Etymology |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 07:42 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41579 |