Sinaga, Eko Budianto (2020) Analis Hasil Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Sasis Dan Pemindah Tenaga Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI TKRO Di SMK Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019 Dan 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5133122008 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM 5133122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5133122008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 5133122008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
5. NIM 5133122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 5133122008 TABLE.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
7. NIM 5133122008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
8. NIM 5133122008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
9. NIM 5133122008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
13. NIM 5133122008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM 5133122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning(PBL)terhadap hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kompetensi dasar perawatan sistem transmisi kelas XI TKR di SMK Mandiri Percut Sei Tuan tahun ajaran 2018/2019 dan 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode komparasi atau Exs. Post facto. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 40 soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan SPSS 16. Analisis data tersebut dilanjutkan dengan uji One Sample T Testdan uji independent Sample T Test. Uji One Sample T Testdiperoleh hasil rata-rata pada PjBL = 78,00, sedangkan nilai rata-rata PBL= 74,46 sehingga dapat disimpulkan nilai rata-rata PjBL>PBL, maka dengan ini Ho ditolak. Uji independent Sample T Testdiperoleh nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) dari hasil belajar PjBL dan PBL sebesar 0,048, sehingga dapat disimpulkan 0,048 < 0,05, maka dengan ini Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaraan yang diajarkan dengan model pembelajaran project based learning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-OTM-010 |
Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Pemindah tenaga; Transmisi |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Mar 2021 03:35 |
Last Modified: | 23 Mar 2021 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41560 |