Arfani, Cindy Aprillia (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK MESIN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK SWASTA DWIWARNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5163121006 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 5163121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
3. NIM. 5163121006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4. NIM. 5163121006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM. 5163121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 5163121006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM. 5163121006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
14. NIM. 5163121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
Abstract
Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengembangkan multimedia interaktif pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin kelas X TPM di SMK Swasta Dwiwarna Medan, (2) Tingkat kelayakan multimedia interkatif yang dikembangkan sebagai media pembelajaran, dan (3) Keefektifan multimedia interaktif yang dikembangkan sebagai media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, meliputi tahapan analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan soal tes. Angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media melalui validasi ahli media, ahli materi, ahli desain pembelajaran dan penilaian siswa. Soal tes digunakan untuk mengetahui keefektifan multimedia interaktif dengan melalukan pre – test dan post – test.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) pengembangan produk multimedia interaktif pada mata pelajaran PDTM pada kompetensi dasar memahami konsep penggunaan alat ukur pembanding dan atau alat ukur dasar dan memahami alat ukur mekanik presisi. (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli media memperoleh skor sebesar 4,6 dengan interpretasi “sangat layak”. Untuk kelayakan hasil validasi ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,765 dengan interpretasi “sangat layak”. Untuk kelayakan hasil validasi ahli desain pembelajaran memperoleh skor rerata sebesar 4,54 dengan interpretasi “sangat layak”, dan hasil penilaian siswa melalui angket pengguna dengan uji coba one to one mendapatkan rerata skor sebesar 4,58 dengan interpretasi “akspentasi tinggi” dan uji coba skala kecil mendapatkan rerata skor sebesar 4,65 dengan interpretasi “akspentasi tinggi”. Melalui hasil validasi multimedia interaktif yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran, dan (3) keefektifan media pembelajaran multimedia pembelajaran berdasarkan rerata pre-test memperoleh skor sebesar 47 dan rerata post-test memperoleh skor sebesar 82,5. Dan memperoleh kenaikan hasil belajar siswa sebesar 35,5 atau 75,53%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X TPM di SMK Swasta Dwiwarna Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSN 032 |
Keywords: | Media pembelajaran; Multimedia interaktif; Pengembangan media; Pekerjaan dasar teknik mesin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Mar 2021 07:31 |
Last Modified: | 19 Mar 2021 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41538 |