Saragih, Lisbeth (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1163111039_COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 1163111039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM. 1163111039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM. 1163111039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 1163111039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. NIM. 1163111039_BAB I.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
13. NIM. 1163111039_BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM. 1163111039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang sedang terjadi selama proses pembelajaran online seperti kurangnya sarana dan prasarana selama pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar mahasiswa PGSD Universitas Negeri Medan di tengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah dengan penggunaan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD stambuk 2017, 2018, dan 2019 sebanyak 1037 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan derajat kesalahan 10% (0,1) sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 91 mahasiswa. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskritif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan analisis kesulitan belajar mahasiswa PGSD Universitas Negeri Medan di tengah pandemi covid-19 yaitu kesulitan belajar indikator motivasi sebesar 19.56%, kesulitan belajar indikator minat sebesar 20.00%, kesulitan belajar indikator sikap sebesar 38.90%, kesulitan belajar indikator keadaan jasmani sebesar 15.16%, kesulitan belajar indikator sarana dan prasarana sebesar 72.53%, kesulitan belajar indikator lingkungan keluarga 12.97%, dan kesulitan belajar indikator lingkungan masyarakat 52.97%. Dapat disimpulkan hasil analisis kesulitan belajar mahasiswa PGSD Universitas Negeri
Medan di tengah pandemi covid-19 tergolong kategori cukup dengan persentase 33.16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 PGSD 018 |
Keywords: | Kesulitan belajar; Mahasiswa; Pembelajaran online; Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Mar 2021 03:24 |
Last Modified: | 18 Mar 2021 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41509 |