Siahaan, Sevianna (2013) PENGARUH NILAI BUDAYA SEKOLAH, KEMAMPUAN BERPIKIR KONVERGEN DAN KEPUASAN DALAM PEKERJAAN TERHADAP EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SMP SWASTA DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132019 Judul.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
2. 8106132019 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. 8106132019 Abstrak.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4. 8106132019 Kata Pengantar .pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. 8106132019 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. 8106132019 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 8106132019 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8106132019 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. 8106132019 Bab I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
10. 8106132019 Bab V.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
11. 8106132019 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung: (1) Nilai budaya sekolah terhadap kepuasan dalam pekerjaan kepala sekola, (2) Kemampuan berfikir konvergen terhadap kepuasan dalam pekerjaan, (3) Kepuasan dalam pekerjaan terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, (4) Nilai budaya terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah, (5) kemampuan berfikir konvergen terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah. Subjek penelitian adalah kepala sekolah SMP Swasta di Kota Medan dengan jumlah populasi 321 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan Nomogram Harry King sehingga diperoleh sampel sebanyak 123 orang kepala sekolah. Dalam pengambilan data untuk keempat variabel menggunakan angket berskala Likert. Sebelum instrument penelitian dipakai untuk mengumpulkan data penelitian terlebih dulu dilakukan uji coba. Dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk menguji hipotesis yang diajukan digunakan teknik analisis jalur. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan: (1) Nilai budaya sekolah berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kepuasan dalam pekerjaan kepala sekolah dengan ρ31=0.56 dan thitung > ttabel (7.78 > 1.98), (2) Kemampuan berfikir konvergen berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kepuasan dalam pekerjaan kepala sekolah dengan ρ32 = 0.34 dan thitung > ttabel (4.72 > 1.98), (3) Kepuasan dalam pekerjaan berpengaruh langsung secara signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan ρ43 = 0.38 dan thitung > ttabel (5.76 > 1.98), (4) Nilai budaya sekolah berpengaruh langsung secara signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan ρ41 = 0.31 dan thitung > ttabel (5 > 1.98), (5) Kemampuan berfikir konvergen berpengaruh langsung secara signifikan erhadap efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dengan ρ42 = 0.32 and thitung > ttabel (5.82 > 1.98). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan kepada: Dinas Pendidikan Kota Medan untuk melakukan peninjauan kerja kepala sekolah dan mengevaluasinya dengan jangka waktu tertentu untuk melihat pencapaian kepala sekolah, memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh kepala sekolah bukan hanya untuk SMP Swasta tetapi SMP Negeri juga untuk mengikuti pelatihan atau seminar, harus lebih peka akan lingkungan tempatnya memimpin, berupaya menerapkan kepemimpinan efektif, menjunjung tinggi nilai budaya sekolah, dan berkomitmen untuk melaksanakannya dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.201 1 Sia p |
Keywords: | Kepala sekolah; Budaya sekolah; Kepuasan kerja; Pendidikan; Berpikir konvergen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 21:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4150 |