SINAGA, ABET NEGO (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI di SMA NEGERI 1 PALIPI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7162141008 COVER.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
2. NIM. 7162141008 Approval sheet.pdf - Published Version
Download (874kB) | Preview
3. NIM. 7162141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (879kB) | Preview
4. NIM.7162141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (626kB) | Preview
5. NIM. 7162141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (878kB) | Preview
6. NIM. 7162141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
7. NIM. 7162141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
8. NIM. 7162141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 7162141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (924kB) | Preview
13. NIM 7162141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam Penelitian ini adalah LKS tidak lagi digunakan dalam proses Kegiatan Belajar Ekonomi dan hanya menggunakan buku paket dan buku pendukung dari perpustakaan, hal ini mengakibatkan pembelajaran terfokus pada guru karena kurangnya keaktifan dari siswa, sehingga peran siswa dalam pembelajaran sangat sedikit. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tingkat validasi Lembar Kerja Siswa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual.
Penelitian ini merupakan penelitian pengambangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation). Instrumen pengumpulan data mengguankan angket yang terdiri dari angket ahli materi, angket ahli media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palipi dikelas XI-IIS2 dengan siswa berjumlah 35 orang.
Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan validasi Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan kontekstual dari ahli materi yang dilakukan sebanyak dua kali, validasi pertama diperoleh Skor sebesar 79,2% dan validasi kedua mendapatkan skor sebesar 84%. Berdasarkan validasi Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan kontekstual dari ahli media yang dilakukan sebanyak dua kali, validasi pertama diperoleh Skor sebesar 73,6% dan validasi kedua mendapatkan skor sebesar 85,6%. Hasil angket respon guru memperoleh skor total 44,5 dengan rata-rata 4,4 dengan kriteria sangat valid. Lembar Kerja Siswa dengan pendekatan Kontekstual dianggap layak digunakan, hasil angket respon siswa menunjukkan Total Capaian Responden (TCR) Siswa dengan skor sebesar skor total , dengan rata-rata skor 89,2% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa mampu mendukung pelaksanaan pembelajaran yang aktif, mempermudah pemahaman materi, dan mudah digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, LKS, Kontekstual, Perekonomian Internasional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 08:40 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41456 |