Sugiharti, Gulmah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Menggunakan Media Virtual dan Kemampuan Berpikir Matematis Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Kimia Umum II Setelah Mengontrol Pengetahuan Awal. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8174424015 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 8174424015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3. NIM. 8174424015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 8174424015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 8174424015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM. 8174424015 TABLES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7. NIM. 8174424015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM. 8174424015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM. 8174424015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8174424015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
14. NIM. 8174424015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (924kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran menggunakan media virtual dan kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar matakuliah kimia umum setelah mengontrol pengetahuan awal. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Kimia Universitas Negeri Medan pada semester genap tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Sampel penelitian ini 52 orang yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kovarian (ANKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar mata kuliah kimia umum II antara kelompok mahasiswa yang diberi model PBL menggunakan media virtual lebih tinggi dibandingkan kelompok mahasiswa yang diberi model pembelajaran langsung dengan menggunakan media virtual setelah mengontrol pengetahuan awal; (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir matematis terhadap hasil belajar mata kuliah kimia umum II setelah mengontrol pengetahuan awal; (3) untuk kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir matematis tinggi, hasil belajar mata kuliah kimia umum II antara kelompok mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan menggunakan media virtual setelah mengontrol pengetahuan awal; (4) untuk kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir matematis rendah, hasil belajar mata kuliah kimia umum II antara kelompok mahasiswa yang diajar model PBL menggunakan media virtual berbeda secara signifikan dengan kelompok mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung dengan menggunakan media virtual setelah mengontrol pengetahuan awal.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sug p |
Keywords: | model pembelajaran; kemampuan berpikir matematis; pengetahuan awal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Mar 2021 10:46 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41425 |