Saragih, Masjuliana (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Sikap Sosial Terhadap Hasil Belajar Tema Musyawarah Dalam Muatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Di Kelas V SDN Percobaan Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156181017 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 8156181017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
3. NIM 8156181017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM 8156181017 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 8156181017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 8156181017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 8156181017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. NIM 8156181017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8156181017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
13. NIM 8156181017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
14. NIM 8156181017 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar tema musyawarah dalam muatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri Percobaan Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share; untuk mengetahui pengaruh sikap sosial siswa; untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan sikap sosial serta pengaruhnya terhadap hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas V SD Negeri Percobaan Medan yang berjumlah 60 orang yang terbagi dalam 2 kelas, kelas Eksperimen diberikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kelas Kontrol diberikan model pembelajaran Konvensional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA adanya peningkatan hasil belajar PKn yang signifikan rata–rata 91,97 pada kelas eksperimen, lebih tinggi dari rata–rata 70,37 untuk kelas kontrol. (2) Terdapat pengaruh sikap sosial terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil ANAVA bahwa rata-rata hasil belajar PKn dengan sikap sosial tinggi 80.61 lebih tinggi dari kelas kontrol 76,81 sedangkan sikap sosial rendah pada kelas eksperimen rata- rata hasil belajarnya adalah 67,28 lebih rendah pada kelas kontrol yaitu 67. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan sikap sosial serta pengaruhnya terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil temuan penelitian, bahwa semakin tinggi sikap sosialnya maka lebih tinggilah nilai hasil belajar yang diperolehnya. Begitu juga sebaliknya semakin rendah sikap sosialnya maka semakin rendahlah nilai hasil belajar yang diprolehnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sar p |
Keywords: | Think Pair Share; Sikap Sosial; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 08 Mar 2021 04:24 |
Last Modified: | 08 Mar 2021 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41404 |