Nasution, Hamidah (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN SETTING PEMBELAJARAN DISKUSI PADA MATA KULIAH KALKULUS II. In: Seminar & Rapat Tahunan BKS-PTN B MIPA tahun 2012, 11-12 May 2012, Medan.
PEER REVIEWER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Makalah ini berisi hasil penelitian, dimana tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan pemahaman mahasiswa program studi matematika melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing (KTST) dengan setting pembelajaran diskusi pada mata kuliah kalkulus II.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dikhususkan pada penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan setting pembelajaran diskusi pada mata kuliah kalkulus II.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model KTST dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa. Hal ini terlihat dari awal pertemuam sampai pertemuan terakhir. Di awal pertemuan aktivitas belajar mahasiswa masih rendah yakni 56,25%, aktivitas belajar mahasiswa pada mid pertemuan mencapai 78,1% dan pada pertemuan terakhir sudah mencapai 87,5%. Model pembelajaran KTST juga meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah kalkulus II, ini terlihat dari capaian ketuntasan belajar pada siklus I rerata=70,18 dengan ketuntasan klasikal 71,79%, pada siklus II rerata= 76,36 dengan ketuntasan klasikal 89,74%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing (KTST) dengan setting pembelajaran diskusi dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa dan pemahaman mahasiswa program studi matematika pada mata kuliah kalkulus II.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Snowball throwing; Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Diskusi; Kalkulus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 10:44 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 10:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41392 |