Nasution, Hamidah (2012) PENINGKATAN PARTISIPASI MAHASISWA DENGAN PENERAPAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR LINIER ELEMENTERI. In: Seminar Nasional Matematika dan Terapan (SiManTap) ke-3, 28-29 Nov 2012, Medan.
PEER REVIEWER.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
FULL TEXT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini ingin mengembangkan perangkat pembelajaran dengan strategi pembelajaran reciprocal teaching dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier, dengan membandingkan sejauhmana partisipasi belajar mahasiswa di kelas kontrol dan eksperimen. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen desain penelitian berbentuk Pre-test Post-test Control Group Design. Untuk menjawab hipotesis, peneliti menguji skor postest dengan menggunakan Anava Satu Jalur, diperoleh skor Sig < , atau 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan Ho ditolak dengan demikian menerima Ha. Secara keseluruhan skala sikap mahasiswa dengan reciprocal teaching bersifat positif. Artinya ada peningkatan partisipasi mahasiswa dalam belajar aljabar linier elementer.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Reciprocal teaching; Prestasi belajar; Partisipasi; Aljabar linier; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 10:22 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 10:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41389 |