PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL BIOTEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Harahap, Anggie Arisa Putri (2020) PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL BIOTEKNOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4161141005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4161141005 COVER.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 41161005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 41161005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4161141005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4161141005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4161141005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4161141005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4161141005 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4161141005 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4161141005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4161141005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4161141005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4161141005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4161141005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4161141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan dan keefektifan berdasarkan penilaian para ahli, diantaranya: ahli media, ahli materi, dan ahli Desain Instruksional serta respon dosen matakuliah bioteknologi dan mahasiswa Biologi Universitas Negeri Medan terhadap video yang telah dikembangkan. Sampel penelitian ini mahasiswa S-1 yang sudah mengambil matakuliah bioteknologi dengan penilaian perorangan 3 orang, kelompok kecil 7 orang, kelompok besar atau terbatas 20 orang. Dan mahsiswa yang sedang mengambil matakuliah bioteknologi sebanyak 31 orang untuk melihat keefektifan video. Penelitian video tutorial bioteknologi pada materi teknologi enzim termasuk jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D), Pengembangan video pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Thiagarajan atau model pengembangan 4-D. Dimana model 4-D terdiri atas empat tahap, yakni define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penilaian pada ahli materi dikategorikan sangat layak, penilaian terhadap ahli media pada video sangat layak, penilaian terhadap ahli desain instruksional pada video sangat layak, penilaian dosen matakuliah bioteknologi dengan kategori layak, respon mahasiswa pada video tutorial dengan kategori sangat layak, keefektifan video tutorial dikatakan cukup efektif jika dilihat dari hasil perhitungan N-gain. Keseluruhan Video Tutorial Bioteknologi yang dikembangkan sudah sangat layak dan cukup efektif untuk dijadikan sebagai sumber belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 015
Keywords: Media pembelajaran; Video tutorial; Sumber belajar; Bioteknologi; Research and development
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:43
Last Modified: 26 Feb 2021 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41358

Actions (login required)

View Item
View Item