Manurung, Imelda F.U. and Barus, Frinawaty Lestarina and Hutahaean, Harvei Desmon (2021) Desa Literasi: Pendampingan Literasi Membaca Siaga Covid-19 Di Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi. pp. 166-170. ISSN 978-602-50131-7-1
Fulltext.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
Abstract
Program ini bertujuan untuk melakukan pendampingan literasi membaca siaga COVID-19 di Desa Ara Payung, Kec. Pantai Cermin, Kab. Serdang Bedagai. Hal ini dilakukan berdasarkan analisis awal bahwa semakin meningkatnya jumlah pasien positif yang terjangkit COVID-19 di Indonesia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sementara, anak-anak dan usia remaja minim pemahaman dan aksi nyata dalam Siaga COVID-19 di Desa Ara Payung. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan mitra antara lain: (1) sosialisasi dan pendampingan siaga COVID-19, (2) pendampingan penyusunan teks literasi membaca Siaga COVID-19, (3) pendampingan penerapan literasi membaca siaga COVID-19, (4) pembentukan pojok literasi Siaga COVID-19 di Desa Ara Payung, (6) monitoring dan evaluasi, dan (7) tindak lanjut. Metode pelaksanaan program pengabdian dilakukan melalui 4 tahap, antara lain: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) monitoring dan evaluasi, dan (4) tindak lanjut. Hasil pendampingan penunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman peserta tentang hal-hal yang harus diketahui dari COVID-19 ada 80% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan 20% dengan kategori Baik (B), (2) tingkat pemahaman terkait dengan hal-hal yang harus dilakukan untuk siaga COVID-19 ada 75% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan 25% dengan kategori Baik (B), dan (3) tingkat pemahaman tentang desa literasi dalam kaitannya dengan Siaga COVID-19 di Desa Ara Payung ada 85% dengan kategori Sangat Baik (SB) dan 15% dengan kategori Baik (B).
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | COVID-19; desa literasi; literasi membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 02:42 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41332 |