Lauren, Ivan and Harahap, Fauziyah and Gultom, Tumiur (2016) Uji Kelayakan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains Berdasarkan Ahli Materi dan Ahli Desain. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (1). pp. 206-212. ISSN 978-602-5097-61-4
Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Penuntun Praktikum Genetika Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) yang layak secara empiris menurut ahli materi dan ahli desain. Penuntun praktikum genetika yang dikembangkan mengintegrasikan 11 komponen KPS pada setiap kegiatan praktikum. KPS ini akan memudahkan mahasiswa untuk mencari informasi berupa fakta dan konsep sains. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016 hingga Agustus 2016 Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg & Gall. Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap validasi ahli materi dan desain. Validasi tim ahli materi dilakukan untuk menilai kelayakan isi kelayakan penyajian, dan kelayakan komponen KPS pada penuntun praktikum. Validasi ahli desain dilakukan untuk menilai kelayakan desain kulit, tipografi kulit, desain isi dan ilustrasi isi pada penuntun praktikum. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil validasi oleh tim ahli materi menunjukkan persentase rata-rata 88,2% dengan kriteria sangat baik, validasi ahli desain menunjukkan persentase rata-rata 88,3% dengan kriteria sangat baik. Sebagai kesimpulannya penuntun praktikum yang dikembangkan ini layak menurut ahli materi dan ahli desain untuk dilanjutkan pada tahap berikutnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Practical Guidance, Genetics, Science Process Skill, Content Expert, Design Expert |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 01:38 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41323 |