Ginting, Iskandar Dinata and Djulia, Ely and Gultom, Tumiur (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP SIKAP ILMIAH DI MAN KABANJAHE. Jurnal Biolokus, 1 (1). pp. 30-36.
Text.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Peer Reviewer.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap Sikap ilmiah. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning, kelas B dengan strategi pembelajaran Group Investigation dan kelas C (Kontrol) menggunakan strategi pembelajaran Konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes Sikap ilmiah dalam bentuk uraian lembar observasi. Teknik analisis data dengan Analisis Covariat (ANACOVA) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan strategi pembelajaran terhadap Sikap ilmiah (F = 3,673; P = 0,029). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi Problem Based Learning (PBL) pada materi Ekologi dalam upaya meningkatkan Sikap ilmiah.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Sikap ilmiah, Strategi Problem Based Learning, Group Investigation dan Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 01:38 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41322 |