Kholis, Azizul and Lubis, Sulaiman and Puddin, Khafi and Nasirwan (2021) Pendampingan Usaha Berbasis e-Gerai Untuk Penguatan Dan Perluasan Pemasaran Pelaku UMKM Terdampak Covid-19 Di Kecamatan Medan Tembung. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi. pp. 69-72. ISSN 978-602-50131-7-1
Fulltext.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM dikecamatan Medan Tembung selama ini adalah ketidaktahuan dan kurangnya kemampuan pelaku UMKM pelakukan adaptasi teknologi khususnya berbasis daring untuk menjalankan pemasaran produk hasil produksi mereka. Padahal selama masa Covid-19 seluruh usaha harus dijalnkan secara online. Konsep program kemitraan yang disulkan adalah Pembentukan Komunitas e-Gerai (Elektronik Gerakan Aksi) yaitu merupakan program pengembangan dari sistem kegiatan pembinaan UMKM berbasis online dalam membangun kemitraan kepada pelanggan dan pemasaran.. e-Gerai akan menginisiasi beberapa pelaku UMKM untuk dibuatkan menjadi satu komunitas berbasis aplikasi sehingga bisa berinteraksi antara satu dengan lainnya dan memperluas akses kerjasama dan perluasan pemsaran dengan berbagai pihak untuk kemajuan usaha masing-masing. e-Gerai dilaksanakan antara pihak LPPM Unimed dan pihak Pemerintah Kecamatan Medan Tembung. Pada tahapan awal sebagai pelopor e-Gerai akan di bina sebanyak 3 (tiga) pelaku UMKM. Ruang lingkup Kegiatan berupa identifikasi usaha, pemetaan permasalahan, FGD pemecahan masalah, pembuatan website e-Gerai, sosialisasi dan peluncuran (launching). Luaran dari kegiatan ini adalah berupa e-Gerai Model Komunitas pelaku UMKM yang membuat produk aksesoris dan perhiasan, website e-Gerai, artikel ilmiah yang dipublikasikan pada Jurnal nasional terkreditasi tentang pembinaan UMKM, pemberitaan/publikasi kegiatan pada media cetak dan media online, makalah yang dipresentasekan pada seminar nasional dan buku ajar tentang kewirausahaan bagi pelaku UMKM. Hasil yang dicapai adalah para pelaku UMKM sudah memiliki akun untuk pemasaran secara online.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | e-Gerai; Komunitas; Pemasaran; UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:59 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41306 |