Setiawan, Deny and Gandamana, Apiek and Hodriani and Siregar, Tiur Malasari (2020) Pendampingan Penilaian Autentik Berbasis Karakter Pada Ranah Keterampilan Untuk Guru SMP. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi. pp. 45-49. ISSN 978-602-50131-7-1
Fulltext.pdf - Published Version
Download (573kB) | Preview
Abstract
Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk pembentukan karakter dalam mengembangkan potensi peserta didik yang memiliki kecerdasan, keterampilan, dan kepribadian. Target khusus dan luaran berupa: (1) artikel yang dipublikasikan melalui jurnal/prosiding ber ISSN online; (2) video pelaksanaan kegiatan; (3) kumpulan penilaian autentik ranah keterampilan; dan (4) pedoman penilaian autentik berbasis karakter pada ranah keterampilan. Metode pendampingan dilaksanakan melalui beberapa tahap kegiatan, antara lain: persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi, serta tindak lanjut. Pada tahap persiapan dilakukan kegiatan berupa: (a) sosialiasai program pengabdian kepada mitra; (b) melaksanakan observasi dan wawancara dengan mitra; (c) penentuan jadwal kegiatan; (d) membuat komitmen antara pengabdi dengan mitra; (e) mempersiapkan sarana dan prasarana. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan: (a) focus group discussion; (b) pendampingan penyusunan instrument penilaian autentik; (c) pendampingan tentang konsep penilaian autentik berbasis karakter pada ranah keterampilan; (d) pendampingan penerapan penilaian autentik berbasis karakter pada ranah keterampilan. Sedangkan pada tahap evaluasi dan refleksi, akan dilakukan sejumlah perbaikan baik terhadap instrument maupun terhadap hasil penerapan penilaian autentik berbasis karakter pada ranah keterampilan. Dengan demikian, program pendampingan yang telah dilakukan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan instrument penilaian autentik berbasis karakter pada ranah keterampilan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Karakter; Keterampilan; Penilaian Autentik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 03:30 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 03:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41293 |