Pengcrnbangan Sistem Penjaminan Mutu Dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Universitas Negeri Medan

Pramuniati, Isda (2020) Pengcrnbangan Sistem Penjaminan Mutu Dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Universitas Negeri Medan. Project Report. Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of document.pdf]
Preview
Text
document.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of report.pdf]
Preview
Text
report.pdf - Published Version

Download (70MB) | Preview

Abstract

Penjaminan mutu pendidikan bertujuan untuk memelihara dan
meningkatkanmutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan, yang dijalankan
secara internal untuk mewujudkan visi dan misi Perguruan Tinggi. Agar
ketercapaian standar dapat diukur maka perlu dibangun Sistem Penjaminan Mutu
Intarnal (SPMI). Berdasarkan Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 Pasal 5 ayat
(1) Tentang SPMI adalah suatu siklus kegiatan yang terdiri atas Penetapan Standar,
Pelaksanaan Standar, Evaluasi Pelaksaan Standar. Dimana siklus ini bertujuan
untuk terciptaya peningkatan mutu berkelanjutan (continouse quality
emprovement). Dosen dituntut untuk mampu merancang atau mendesain
pembelajaran daring yang ringan dan efektif, denganmemanfaatkan perangkat atau
media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Dosen harus
mampu memilih dan membatasi sejauh mana cakupan materinya dan aplikasi apa
yang cocok pada materi dan metode belajar yang digunakan. Keterbatasan dalam
pemanfaatan media tersebut tidak lantas praktis mengubah sistem pembelajaran
dalamperkuliahan daringmenjadi tugas daring, dikarenakan dosen hanyamenjejali
mahasiswa dengan tugas diluar dari rencana pembelajaran yang telah tersusun di
awal semester. Oleh karena itu perlu disusun strategi pembelajaran daring, yang
mampu menyesuaikan tipe dan jenis materi yang akan disampaikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: SPMI; pembelajaran daring; PEPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:00
Last Modified: 17 Feb 2021 07:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41277

Actions (login required)

View Item
View Item