Cahyo, Ahmad Nur and Daulay, Syahnan and Novita, Sindi and Simamora, Yosefa Dita (2021) Kemampuan Mengerjakan Soal Berbasis HOTS Siswa Kelas X SMKN 1 Percut Sei Tuan. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 279-288. ISSN 978-623-6984-07-9
Fulltext.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
Abstract
Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal berbasis HOTS Akibatnya akan berdampak nantinya terhadap hasil pembelajaran. Soal-soal yang dikembangkan untuk ujian maupun ulangn di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tersebut belum memiliki karakteristik HOTS. Menurut hasil pencermatan penulis masih banyak ditemukan soal-soal yang ada hanya mengukur kemampuan berfikir tingkat rendah. Higher Orde Thinking Skill (HOTS) sebagai kemampuan berfikir tingkat tinggi merupakan pendekatan dalam pembelajaran dimana siswa diajarkan untuk berfikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif. Penelitian ini menitik pada kemampuan siswa mengerjakan soal berorientasi Hots guna untuk mengetahui tingkat pemahaman serta kualitas dari soal yang dibuat oleh guru. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa soal yang dibuat oleh guru serta hasil jawaban dari lembar wawancara dari responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan soal test ulangan yang ditulis oleh guru. Teknik analisis yang digunakan berupa analisis deskriptif kuantitatif untuk menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil kajian teori dan data yang didapat oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengerjakan soal berbasis Hots di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan masih dikategorikan kurang mampu.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Soal; Kemampuan; Hots |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366 College examinations L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 04:59 |
Last Modified: | 16 Feb 2021 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41252 |