Oktaviani, Dasa and Haryadi, Maria Kezia Trifosa and Simanjuntak, Ivan Anggi (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Kata Karya Rintik Sedu. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 203-212. ISSN 978-623-6984-07-9
Fulltext.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Kata karya Rintik Sedu; dan (2) Untuk menganalisis wujud nilai-nilai pendidikan dalam novel Kata karya Rintik Sedu. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode struktural objektif. Terkait dengan sastra, metode ini bertolak dari asumsi dasar bahwa karya sastra sebagai karya kreatif memiliki otonomi penuh yang harus dilihat sebagi sosok yang berdiri sendiri serta terlepas hal-hal lain yang berada diluar dirinya. Memberi nasihat memiliki 12 data (37,5 %), berbakti kepada orang tua memiliki 5 buah (15,625%), menolong sesama memiliki 2 data (6,25 %), pantang menyerah memiliki 3 data (9,375%), menepati janji memiliki 2 data (6,25%), berjiwa besar memiliki 5 data (15,625%), dan iklas memiliki 1 data (3,125 %). Bersimpati memiliki 2 data (13,333%), berbagi memiliki 4 buah (26,666%), bersahabat memiliki 7 data 46,666%), dan kekeluargaan memiliki 2 data (13,333 %). Menghargai makanan khas memiliki 4 data (40%), bangga terhadap bahasa pertiwi memiliki 2 buah (20%), keindahan indonesia memiliki 3 data (30%), dan kekeluargaan memiliki 1 data (10 %). Puisi memiliki 5 data (45,4%), gaya bahasa 6 buah (55,6%).
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan; Novel; Rintik Sedu |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore > GR72 Folk literature (General) including folktales, legends |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 01:00 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 01:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41242 |