Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi)

Sinaga, Fadhillatu Jahra (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 111-120. ISSN 978-623-6984-07-9

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan pembelajaran yang menerapkan kemampuan berpikir yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat saja tetapi juga membutuhkan kemampuan-kemampuan lain yang lebih tinggi, seperti kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif. Untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran, maka guru perlu mengembangkan penilaian berbasis HOTS agar guru mampu mengukur sejauh mana peserta didik dalam mendalami pemahaman pembelajaran yang telah dilakukan. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kualitas penilaian berbasis HOTS baik dari aspek pengetahuan dan keterampilan yang ada pada peserta didik sehingga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan peserta didik dengan tujuan guru mampu mengembangkan kemampuan peserta didik sesuai dengan keterampilan abad 21 (critical thinking, communication, collaboration, and creativity).

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran; Penilaian; Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366 College examinations
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:22
Last Modified: 09 Feb 2021 05:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41229

Actions (login required)

View Item
View Item