Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Komunikatif

Ningrum, Ajeng Sestya (2021) Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Komunikatif. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 93-98. ISSN 978-623-6984-07-9

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview

Abstract

Dewasa iniqmasih banyak guru yang belum menerapkan sebuah inovasi dalam pembelajaran. Guru pada umumnya masih menggunakan teknik pembelajaran konvensional yang berupa ceramah danqteoritis saja.qHal iniitentunya bersifat monoton dan terkesan membosankan serta membatasi ruang gerak para siswa untuk berfikir kritis dan kreatif. Khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia, materi yang diajarkan kepada siswa kenyataannya masih belum mampu menimbulkan proses pembelajaran yang berkesan membangkitkan minat dan belum melekat pada diri siswa. Dalam dunia pendidikan, inovasi dari pembelajaran yang dimaksud adalah inovasi menjadi bentuk kreativitas guru guru dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat lebih aktif, variatif dan bermakna. Oleh karena itu, kondisi seperti ini harus diatasi dengan menerapkan suatu inovasi pembelajaran dengan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan komunikatif.

Item Type: Article
Keywords: inovasi pembelajaran bahasa indonesia; pendekatan komunikatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Feb 2021 05:08
Last Modified: 09 Feb 2021 05:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41227

Actions (login required)

View Item
View Item