Ningrum, Ajeng Sestya (2021) Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Komunikatif. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 93-98. ISSN 978-623-6984-07-9
Fulltext.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Dewasa iniqmasih banyak guru yang belum menerapkan sebuah inovasi dalam pembelajaran. Guru pada umumnya masih menggunakan teknik pembelajaran konvensional yang berupa ceramah danqteoritis saja.qHal iniitentunya bersifat monoton dan terkesan membosankan serta membatasi ruang gerak para siswa untuk berfikir kritis dan kreatif. Khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia, materi yang diajarkan kepada siswa kenyataannya masih belum mampu menimbulkan proses pembelajaran yang berkesan membangkitkan minat dan belum melekat pada diri siswa. Dalam dunia pendidikan, inovasi dari pembelajaran yang dimaksud adalah inovasi menjadi bentuk kreativitas guru guru dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat lebih aktif, variatif dan bermakna. Oleh karena itu, kondisi seperti ini harus diatasi dengan menerapkan suatu inovasi pembelajaran dengan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia melalui pendekatan komunikatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | inovasi pembelajaran bahasa indonesia; pendekatan komunikatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 05:08 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41227 |