Hutabarat, Ruth Maria (2021) Kegiatan Literasi Di PAUD Petra Sion Indonesia Menggunakan Media Whatsapp. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 55-60. ISSN 978-623-6984-07-9
Fulltext.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
Abstract
Kegiatan literasi memiliki peran yang sangat penting bagi Anak Usia Dini. Selain mengembangkan keterampilan berbahasa khususnya dalam menyimak, dan berbicara, juga berperan dalam pembentukan karakter peserta didik. PAUD Petra Sion Indonesia sebagai salah satu lembaga pendidikan nonformal melaksanakan kegiatan literasi dalam pembelajaran di sekolah. Kegiatan literasi yang dilaksanakan berupa pembacaan dongeng yang dilakukan oleh guru kepada siswa melalui media WhatsApp setiap hari Selasa dan Jumat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metodo deskriptif kualitatif dari hasil pengalaman pembelajaran di kelas daring (dalam jaringan) dan studi pustaka dari berbagai sumber. Adapun tahap-tahap kegiatan literasi tersebut yaitu: guru membagikan video pembacaan cerita dongeng ke grup Whatsapp, guru menghimbau siswa untuk menonton video yang telah dibagikan, guru meminta tanggapan dan respon masing-masing siswa terhadap video yang telah dibagikan, dan guru mengapresiasi tanggapan siswa terhadap video yang dibagikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Literasi; PAUD; WhatsApp |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 04:43 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41221 |