Rajagukguk, Meilicien (2021) Inovasi Penilaian Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Era Revolution Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 45-50. ISSN 978-623-6984-07-9
Fulltext.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan studi pustaka yang bersifat deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media aplikasi Quizizz pada penilian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Dalam hal ini, penulis meneliti di salah satu sekolah yang terbaik di Kota Medan, yaitu sekolah Mentari Bangsa Plus National, Medan. Adapun beberapa yang ditawarkan melalui google adalah penggunaan PTT atau PowerPoint, aplikasi tik tok, aplikasi kinemaster, youtube, google classroom, google meet, google zoom, dan lain-lain. Tentunya,, semua yang ditawarkan tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas, efektif, dan inovatif. Media aplikasi Quizizz merupakan salah satu media yang sangat diperlukan oleh tenaga pendidik dalam penilaian pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk meningkatkan kemajuan pendidikan yang berbasis 4.0 menuju 5.0. Setiap aplikasi pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan, namun hal itu bukanlah menjadi suatu penghalang. Karena melalui kelemahan peulis mendapati pelajaran dan semakin banyak belajar dan mencari tahu jalan keluar kelemahan aplikasi ini. Melalui, media aplikasi Quizizz ini, diharapkan peserta didik bisa meningkatkan nilai bahasa dan sastra Indonesia dengan maksimal. Di samping itu, tenaga pendidik harus mampu mengoperasikan aplikasi Quizizz ini dengan baik pula. Gunanya supaya tenaga pendidik mampu menginformasikan dan menjelaskan kepada peserta didik bagaimana cara atau langkah-langkah mengoperasikan aplikasi Quizizziz ini dengan baik. Hal ini pastinya membawa dampak positif bagi tenaga pendidik, baik hubungan antara pendidik dengan siswa, baik sesama tenaga pendidik, maupun tenaga pendidik dengan orang tua peserta didik, serta hubungan tenaga pendidik dengan kemajuan dalam suatu pembelajaran yang semakin positif dan maju.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Penilaian Pembelajaran; Aplikasi Quizizz; Revolusi Industri 4.0 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2366 College examinations L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 04:36 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41219 |