Kunanti, Echa Surya (2021) Penyusunan Pengembangan Penilaian Berbasis HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI) - 3. pp. 19-26. ISSN 978-623-6984-07-9
Fulltext.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Perkembangan pada kurikulum terus dilakukan dalam dunia pendidikan terutama pada sistem penilaian. Kurikulum yang diterapkan di Indonesia pada saat ini adalah kurikulum 2013 atau yang lebih dikenal dengan K13. Dalam K13 penilaian yang diterapkan merupakan penilaian berupa soal berbasis HOTS (High Order Thinking Skills). Diterapkannya penilaian berbasis HOTS ini bertujuan agar proses pembelajaran dapat memotivasi siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya sehingga dapat berfikir secara kreatif dan inovatif. Dalam artikel ini membahas secaca konseptual dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang konsep, karakreristik, serta langkah-langkah dalam penyusunan penilaian berbasis HOTS,khususnya kepada para pendidik. Adapun langkah-langkah penyusunan penilaian berbasis HOTS yaitu: (1) menganalisis kompetensi dasar yang akan dibuat dalam penilaian berbasis HOTS, (2)menyusun kisi-kisi penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah dianalisis, (3) mengkaitkan dengan permasalahan yang menarik dalam kehidupan sehari-hari, (4) menuliskan penulilaian kedalam bentuk soal, dan (5)membuat pedoman pengskoran/penilaian serta kunci jawaban.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Kurikulum 2013 (K13); HOTS (High Order Thinking Skill); Penilaian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 03:43 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41215 |