Nasution, Mutiara Agustina (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DAN KARAKTER KOMUNIKATIF SERTA PERCAYA DIRI PADA MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116142014 Judul.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
2. 8116142014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
3. 8116142014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. 8116142014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. 8116142014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. 8116142014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. 8116142014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. 8116142014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 8116142014 Bab I.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
10. 8116142014 Bab V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
11. 8116142014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menentukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kimia, karakter komunikatif, dan percaya diri siswa pada materi kimia larutan di SMA. Populasi penelitian adalah seluruh SMA Negeri di Kota Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil secara sampling purposif, yaitu SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Medan masing-masing sebanyak 3 kelas. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran dengan model direct instruction, kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media dan kelas eksperimen 3 diberi pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet. Teknik analisis data menggunakan one way Anava dengan SPSS 19 for windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media serta model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet pada materi Kimia Larutan, (2) Terdapat perbedaan karakter komunikatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media serta model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet, (3) Terdapat perbedaan karakter percaya diri siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media serta model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet, (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter komunikatif dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet, (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara karakter percaya diri dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran direct instruction, dan model pembelajaran berbasis masalah tanpa media serta model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet, (6) Hasil belajar, karakter komunikatif, dan karakter percaya diri siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan media internet paling baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 Nas p |
Keywords: | Internet; Komunikatif; Percaya diri; Kimia larutan; Pendidikan karakter; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 20:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4109 |