Santiani (2020) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Dasar Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Natal T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132122011 COVER.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
2. NIM. 5132122011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
3. NIM. 5132122011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (647kB) | Preview
4. NIM. 5132122011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
5. NIM. 5132122011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
6. NIM. 5132122011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
7. NIM. 5132122011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
8. NIM. 5132122011 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
13. NIM. 5132122011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
9. NIM. 5132122011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 5132122011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning pada mata pelajaran TDO materi Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja di kelas X SMK Negeri 1 Natal T.A 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Natal yang terdiri dari 31 siswa dan objek yaitu meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif dengan materi pokok Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar siswa yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda dan 5 soal essay. Data yang dianalisis adalah nilai tes hasil belajar siswa dan menghitung N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) hasil belajar siswa dengan menerapkan model problem based learning pada siklus I memiliki nilai rata-rata sebesar 66,45 dengan ketuntasan klasikal yang dicapai sebesar 45,15%, 2) hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata sebesar 81,19 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,7%, 3) ada pengaruh yang signifikan menggunakan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran TDO di kelas X-TKR SMK Negeri 1 Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model PBL, Hasil Belajar TDO |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 03:41 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41081 |