Implementasi Model Inquiry Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum K.Analitik Kualitatif

Nainggolan, Bajoka (2017) Implementasi Model Inquiry Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum K.Analitik Kualitatif. In: Prosiding Seminar Hilirisasi Penelitian Untuk Kesejahteraan Masyarakat, 28 September 2017, Medan.

[thumbnail of PEER REVIEW.pdf]
Preview
Text
PEER REVIEW.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry terbimbing dalam
meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains mahasiswa pada praktikum Kimia
Analitik Kualitatif. Metode penelitian eksperimen dengan desain “one group pretes-postes design”.
Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang melibatkan mahasiswa program studi
Kimia, yang terdiri dari 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian, lembar kerja
mahasiswa dan lembar observasi. Hasil penelitian dari uji rerata pada keterampilan proses sains
mahasiswa menyatakan bahwa model inquiry terbimbing pada perkuliahan praktikum kimia
analitik kualitatif dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains mahasiswa
secara signifikan. Indikator tergolong kategori tinggi: merancang praktikum, menerapkan konsep,
berhipotesis dan, mengkomunikasikan. Kategori sedang: keterampilan meramalkan, menafsirkan
dan mengamati. Hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan menerapkan model inkuiri
terbimbing pada praktikum kimia analitik kualitatif meningkat dari pretes 81,88 menjadi postes
85,49. Persentase nilai lembar kerja mahasiswa yang paling tinggi adalah pada keterampilan
berkomunikasi yaitu 90%

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: inquiry terbimbing; keterampilan proses sains; praktikum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Dec 2020 09:25
Last Modified: 28 Dec 2020 09:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41010

Actions (login required)

View Item
View Item