LAPORAN KEMAJUAN : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN

Sitanggang, Nathanael (2019) LAPORAN KEMAJUAN : PENGARUH KUALITAS TOTAL PRIBADI DAN KUALITAS PELAYANAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI PELANGGAN PADA PERGURUAN TINGGI DI KOTA MEDAN. Technical Report. Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of document.pdf]
Preview
Text
document.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen mutu terpadu (MMT) sangat berguna meningkatkan kepercayaan masyarakat di lingkungan
perguruan tinggi karena fokus pada pendidikan dan masyarakat. Pilar mutu dari MMT adalah fokus
pada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran, komitmen, dan perbaikan berkelanjutan. Kepuasan
mahasiswa sebagai pelanggan harus diperhatikan oleh perguruan tinggi. Berdasarkan teori-teori yang
dieksplorasi ternyata kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan faktor
individu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh kualitas total pribadi,
kualitas pelayanan dosen terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan pada Perguruan Tinggi di
Kota Medan. Metode penelitian adalah metode ex post facto dan metode pengambilan sampel adalah
metode purposive random sampling. Penelitian tahap pertama (2018) telah dilakukan untuk memetakan
kualitas total pribadi mahasiswa, kualitas pelayanan dosen, dan kepuasan mahasiswa serta telah
menemukan model teori pengembangan kepuasan mahasiswa sebagai pelanggan dari 4 (empat)
Universitas yang terpilih menjadi lokasi penelitian. Luaran yang ditargetkan pada penelitian tahap
pertama (2018) telah terpenuhi, yaitu: 1) Artikel ilmiah telah dipresentasikan pada international
conference APTEKINDO tanggal 12 Juli 2018 di Surabaya; 2) Artikel ilmiah telah dipresentasikan
pada ICOVET tanggal 27 Oktober 2018 di Malang; 3) Artikel ilmiah telah di-submitted pada jurnal
internasional bereputasi (Center For Educational Policy Studies Journal). Sedangkan Tahap Kedua
(2019) bertujuan untuk menulis buku ber-ISBN dan sosialisasi hasil penelitian yang ditemukan kepada
dosen dari 4 (empat) Universitas yang terlibat dalam penelitian ini. Penulisan buku didasarkan dari hasil
penelitian tahap pertama dan divalidasi oleh tim ahli, untuk selanjutnya disempurnakan. Finalisasi buku
akan dicetak ber-ISBN dan didaftarkan kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual untuk
memperoleh hak cipta. Sesuai dengan target yang dicapai pada penelitian tahap pertama (2018),
penelitian ini berada pada TKT Level 2, yaitu prinsip dasar riset telah diobservasi dan dilaporkan, dan
dukungan data awal, hipotesis, desain & prosedur litbang telah dieksplorasi. Dengan berakhirnya
penelitian tahap kedua (2019), maka penelitian ini akan berada pada TKT Level 3, yaitu rancangan dan
metodologi penelitian tersusun komplit.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: kualitas dosen; management mutu total; layanan akademik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Dec 2020 12:10
Last Modified: 18 Dec 2020 12:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40980

Actions (login required)

View Item
View Item