Harahap, Asrah Feriany M. (2020) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, IMBALAN, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SO MUHAMMADIYAH 01 KOTA MEDAN. Doctoral thesis, UNIMED.
NIM. 8136114012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
NIM. 8136114012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (666kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mcnjawab pcrmasalahan dnri 7 (tujuh) hipotesis yang diajukan,
meliputi : (I) pengaruh langsung budaya organisasi tcrhadap kcpuasan kcrja guru SD
Muhammadiyah di Kota Medan; (2) pengaruh langsung imba lan tcrhadap kepuasan kerja
guru SD Muhammadiyah di Kola Medan: (1) pengaruh langsung kepemimpinan
transformasional terhadap kepuasan kerja guru SD Muhammadiyah di Kota Medan;
( 4 ) pcngaruh langs ung budaya organisasi lerhadap kincrja guru SD Muhammadiyah di
Kota Medan; (5) pcngaruh langsung imbalan terhadap kincrja guru SD Muhammadiyah
di Kota Medan; (6) pengaruh langsung kepcmimpinan transformasional terhadap kinerja
guru SD Muhammadiyah di kota Medan; dan (7) pengaruh langsung kepuasan kerja
terhadap kinerja guru SD Muhammadiyah di Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah
Guru SD Muhammadiyah di Kota Medan scbanyak 235 orang dengan jumlah sampel
sebanyak 235 orang yang diambil dengan menggunakan tehnik proporsional random
sampling. Data penelitian diolah dan dianalisis dcngan Analisis Jalur (Path Analisis).
Hasil analisis menunjukkan terdapat (I) pengaruh langsung budaya organisasi tcrhadap
kepuasan kerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,255; (2) pengaruh langsung imbalan
terhadap kepuasan kerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0,248: (3) pengaruh
langsung kepemimpinan transfonnasional terhadap 'kepuasan kerja guru dengarr koefisien
jalur sebesar 0,248 ( 4) pengaruh langsung budaya organisasi terhadap kinerja guru
dengan koefisien jalur sebesar 0,222; (5) pengaruh langsung imbalan terhadap kinerja
guru dengan koefisien jalur sebesar 0, 193; (6) pengaruh langsung kepemimpinan
transformasienal terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur sebesar 0, 186; dan
(7) · pengaruh langsung kepuasan kerja terhadap kinerja guru dengan koefisien jalur
sebesar 0,252. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik budaya
orgaoisasi maka semakin baik juga kepuasan kerja guru, semakin baik imbalan mnk3
semakjn baik juga kepuasan kerja guru, semakin baik kepemimpinan transfom1asionaJ
rnak.a semakin baik. juga kepuasan kerja untuk semakin baik budaya organisasi maka
semakin baik juga kinerja guru, semakin baik imbalan maka semakio baik juga kinerja
guru, semakin baik kepemimpinan transformasional maka semakin baik juga kinerja
guru , semakin baik kepuasan kerja maka semakin baik pula kinerja guru.