Rambe, Tappil (2020) ANALISIS WACANA MATERI PEMERINTAHAN DARURAT REPUBLIK INDONESIA (PDRI) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5 (1). pp. 127-141. ISSN E-ISSN: 2684-9607
PEER REVIEW.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui karasteristik pembelajaran sejarah dalam
komponen Kurikulum 2013 (2) untuk mengetahui materi pembelajaran tentang sejarah
PDRI dalam Kurikulum 2013 dan (3) untuk mengetahui wacana materi pembelajaran
PDRI dalam buku paket yang diterbitkan oleh penerbit swasta untuk kelas XII. Untuk
memperoleh data yang diperlukan, maka peneliti menggunakan metode studi pustaka
(library research). Tehnik untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara
menganalisis buku-buku yang berhubungan dengan pembelajaran sejarah dan juga
buku paket sejarah kelas XII yang berkaitan dengan wacana sejarah PDRI. Dari
penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa komponen pembelajaran sejarah
untuk SMA dalam Kurikulum 2013 terdiri atas tujuan pembelajaran, struktur program
dan muatan pembelajarn serta silabus dan juga Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP). Pembelajaran sejarah dalam tingkat SMA memiliki tujuan yang sangat penting
dalam bidang kemampuan akademik, kesadaran sejarah dan juga rasa nasionalisme.
Materi tentang PDRI dalam kurikulum 2013 terdapat dalam pelajaran kelas XII untuk
semester I, dan materi PDRI dicantumkan dalam silabus, yaitu dengan kompetensi
dasar 1.2 tentang “ perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal
kemerdekaan sampai tahun 1950. Wacana-wacana tentang materi pembelajaran
tentang sejarah PDRI dalam buku paket memiliki karasteristik yang berbeda-beda,
walaupun disusun berdasarkan kurikulum yang sama, yakni Kurikulum 2013. Wacana
PDRI dalam buku paket tidak dituliskan sesuai dengan peristiwa sejarah PDRI. Selain
itu, banyak fakta sejarah dari peristiwa PDRI tidak disebutkan dalam beberapa buku
paket tersebut. Secara umum, bahwa wacana tentang PDRI dalam buku paket tersebut
masih memiliki banyak kekurangan dari segi isi dan juga penyampaian materi PDRI
tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Wacana PDRI; Pembelajaran Sejarah; Kurikulum 2013 |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Nov 2020 06:16 |
Last Modified: | 19 Nov 2020 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40825 |