PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

NUR, INTAN SABRINA (2020) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7133341035 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7133341035 COVER.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7133341035 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7133341035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7133341035 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7133341035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7133341035 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7133341035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7133341035 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7133341035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7133341035 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7133341035 TABLES.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7133341035 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7133341035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7133341035 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7133341035 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7133341035 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7133341035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7133341035 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7133341035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7133341035 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7133341035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan utama yaitu apakah terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Taman Siswa sebanyak 53 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportioned Random Sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 47 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan angket masing-masing variable sebanyak 25 item, dan digunakan studi dokumentasi (DKN) untuk prestasi belajar IPS.
Berdasarkan analisis diperoleh hasil analisis data menggunakan SPSS 23.0, untuk variable motivasi berprestasi (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,514 > 2,015) dan hasil interaksi edukatif (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung > ttabel (2,033 > 2,015). Untuk uji simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikansi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (33,364 > 3,21). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 28,884 + 0,335X1 + 0,264X2 + e. Untuk hasil uji determinasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,603 atau 60,3% hal ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dan interaksi edukatif memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 60,3% dan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi Berprestasi, Interaksi Edukatif, Prestasi Belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Nov 2020 01:43
Last Modified: 12 Nov 2020 01:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40772

Actions (login required)

View Item
View Item