NUR, INTAN SABRINA (2020) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7133341035 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
2. NIM 7133341035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM 7133341035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
4. NIM 7133341035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM 7133341035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM 7133341035 TABLES.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
7. NIM 7133341035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 7133341035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM 7133341035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
13. NIM 7133341035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
14. NIM 7133341035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan utama yaitu apakah terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Taman Siswa sebanyak 53 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Proportioned Random Sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 47 orang. Teknik pengumpulan data mengunakan angket masing-masing variable sebanyak 25 item, dan digunakan studi dokumentasi (DKN) untuk prestasi belajar IPS.
Berdasarkan analisis diperoleh hasil analisis data menggunakan SPSS 23.0, untuk variable motivasi berprestasi (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,514 > 2,015) dan hasil interaksi edukatif (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung > ttabel (2,033 > 2,015). Untuk uji simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikansi 95% diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (33,364 > 3,21). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 28,884 + 0,335X1 + 0,264X2 + e. Untuk hasil uji determinasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,603 atau 60,3% hal ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dan interaksi edukatif memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 60,3% dan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan interaksi edukatif terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Berprestasi, Interaksi Edukatif, Prestasi Belajar IPS |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Nov 2020 01:43 |
Last Modified: | 12 Nov 2020 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40772 |