HASIBUAN, SITI ROHANIAH (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS METODE KOMPUTASI PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186142006 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. NIM 8186142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
3. NIM 8186142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM 8186142006 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. NIM 8186142006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM 8186142006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 8186142006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 8186142006 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM 8186142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM 8186142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM 81861420016 BLIBIGRAPHI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil analisis kebutuhan, bahan ajar dan pemakaian media pembelajaran materi Bentuk Molekul; mengembangkan media pembelajaran berbasis metode komputasi pada materi Bentuk Molekul berdasarkan BSNP; perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan; dan persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi dari pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan kimia prodi pendidikan kimia FMIPA UNIMED yang mengikuti matakuliah Ikatan Kimia. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan kimia 2017 kelas B dan C dengan masing-masing mahasiswa berjumlah 22 orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket berdasarkan BSNP, tes objektif yang valid dan reliable dan angket persepsi mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dua pihak (Independent Sample t-Test) yang sudah berdistrubisi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: analisis kebutuhan diperoleh indikator pembelajaran, analisis bahan ajar dan media pembelajaran pada materi bentuk molekul dalam pembelajaran belum memiliki animasi; media pembelajaran berbasis metode komputasi pada materi Bentuk Molekul sangat layak digunakan; ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan media Pembelajaran Berbasis Metode Komputasi pada materi bentuk molekul dengan meggunakan software NWChem dan mahasiswa yang diajarkan dengan meggunakan software Chemsketch, dimana pembelajaran menggunakan NWChem lebih baik dengan efektivitas sebesar 71,43% yang tergolong tinggi; persepsi mahasiswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis metode komputasi pada materi Bentuk Molekul tergolong baik sekali dengan rata-rata sebesar 88%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547.772 Has p |
Keywords: | NWChem; komputasi kimia; bentuk molekul; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 16:49 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40742 |