Kesuma, Muhammad Dian Hadi (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN DI SMP NEGERI 2 LABUHAN DELI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106176015 Judul.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
2. 8106176015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106176015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. 8106176015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. 8106176015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. 8106176015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. 8106176015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. 8106176015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. 8106176015 Bab I.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
10. 8106176015 Bab V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
11. 8106176015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Labuhan Deli dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode eksperimen penyelidikan.(2)Mengetahui peningkatan aktivitas siswa kelas VIII SMPN 2 Labuhan Deli dalam menyelesaikan masalah fisika setelah diterapkan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Labuhan Deli Semester 2 T.P 2012/2013. Objek penelitian terdiri dari satu kelas dengan jumlah sampel 31 orang.Objek penelitian adalah siswa kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 31 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Objek pada penelitian ini adalah penguatan struktur kognitif yang diukur melalui hasil belajar dan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran Cooperatif Learning Tipe STAD melalui pemberianmetode eksperimen. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 3 pertemuan. Tes hasil belajar dilakukan di akhir setiap siklus. Tes hasil belajar terdiri dari 15 soal. Hasil penelitian yaitu : (1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Deli yang ditunjukkan dari : (a) Tes hasil belajar siswa pada siklus pertama, yaitu : rata-rata =58.92% ketuntasan = 19.36 %, (b) Tes hasil belajar siswa pada siklus kedua, yaitu : rata-rata = 58.92%ketuntasan 75.70%. Peningkatan persentase ketuntasan 61.24%; dan indeks gain 0.41 atau dengan kriteria peningkatan sedang. (2) Terdapat peningkatan aktifitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Labuhan Deli yang ditunjukkan dari : siklus pertama hanya rata-rata 65.60 menjadi 81.65 pada siklus kedua. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi guru dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Kes p |
Keywords: | Fisika; Pembelajaran kooperatif; Metode eksperimen; Keaktifan belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 04:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4074 |