Hutagalung, Andar M. (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MEDIA KOMPUTER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106176028 Judul.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. 8106176028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106176028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. 8106176028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. 8106176028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 8106176028 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. 8106176028 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. 8106176028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
9. 8106176028 Bab I.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
10. 8106176028 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
11. 8106176028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran fisika di sekolah kurang meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses siswa, walaupun pembelajaran di sekolah menggunakan metode praktikum, tetapi tetap saja kurang mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains siswa. Mulai dari persiapan, melaksanakan dan menyelesaikan masalah, siswa masih dibantu oleh guru. Dari keadaan ini guru yang seharusnya hanya sebagai fasilitator dan pembimbing siswa tidak tercapai. Dari berbagai fakta tersebut telah dilakukan penelitian ini dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapankan model pembelajaran Inquiry Training berbasis media komputer, dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen atau perlakuan terhadap dua variabel (kelas), satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training berbasis media komputer dan kelas yang lain sebagai kelas kontrol melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Training. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Inquiry Training berbasis media komputer secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Inquiry Training. Data hasil penelitian mendapatkan N-gain keterampilan proses sains kelas eksperimen sebesar 0,84 (kategori tinggi) dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,68 (kategori sedang). Sedangkan pada keterampilan berpikir kritis siswa N-gain kelas eksperimen sebesar 0,75 (kategori tinggi) dan N-gain kelas kontrol sebesar 0,67 (kategori sedang). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan model pembelajaran Inquiry training berbasis media komputer yang diterapkan pada kelas eksperimen secara signifikan dapat lebih meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran inquiry training yang diterapkan pada kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 537.071 Hut e |
Keywords: | Multimedia interaktif; Listrik dinamis; Inquiry training; Media komputer; Proses sains; Hukum ohm; Arus listrik; Berpikir kritis; Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4072 |