Tampubolon, Theofani S.J. (2020) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Club (Keliling Kelompok) Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2153111043 - COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 2153111043 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (794kB) | Preview
3. NIM 2153111043 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 2153111043 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM 2153111043 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM 2153111043 - TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 2153111043 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2153111043 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 2153111043 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
13. NIM 2153111043 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 2153111043 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Round Club (keliling kelompok) terhadap kemampuan
menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi pada siswa kelas X
SMA swasta GKPI Padang Bulan Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 .
Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA swasta GKPI Padang
Bulan Medan yang berjumlah 123 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas
X MIPA 1 dan X MIPA 2 masing – masing berjumlah 30 orang siswa. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test
desain. Tes pada penelitian ini dilakukan sebanyak satu kali setelah perlakuan.
Perlakuan yang akan diberikan berupa model Round Club di kelas eksperimen dan
model ekspositori pada kelas kontrol. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa
kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks eksposisi di kelas
X MIPA 1 (kelas eksperimen) memiliki rata-rata 76,66 (termasuk kategori baik).
Sedangkan kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan saat
menggunakan model ekspositori (kelas kontrol) mendpatkan nilai rata – rata 65
(termasuk kategori cukup). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan
menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0 = 5.07. Selanjutnya dikonsultasikan dengan
tabel t pada taraf signifikasi 5% atau dengan df = N-1. df = 30-1 = 29,
maka perolehan tabel ttabel pada taraf sigifikasi 5% = 2,04. Nilai t0> ttabel atau
5,07>2,04, sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Round Club lebih efektif
digunakan terhadap kemampuan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan
teks eksposisi siswa kelas X SMA swasta GKPI Padang Bulan Medan tahun
pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; model Round Club; menganalisis teks eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 27 Nov 2020 06:19 |
Last Modified: | 27 Nov 2020 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40709 |