Ardansyah, Muhammad (2013) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, KEPUASAN KERJA, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132039 Judul.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. 8106132039 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. 8106132039 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. 8106132039 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. 8106132039 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8106132039 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. 8106132039 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. 8106132039 Bab I.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
9. 8106132039 Bab V.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
10. 8106132039 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja; (2) pengaruh budaya organisasi terhadap kepuasan kerja; (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja; (4) pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja; (5) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru; (6) pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru; (7) pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru; dan (8) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Subjek penelitian adalah guru SMK Negeri Bidang Teknologi dan Rekayasa di Kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 174 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Metode penelitian bersifat analisis jalur yang bertujuan untuk memperoleh pengaruh variabel eksogen terhadap variabel endogen penelitian. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket kepemimpinan kepala sekolah yang valid diperoleh 26 butir. Instrumen angket budaya organisasi yang valid diperoleh 26 butir. Instrumen angket kepuasan kerja yang valid diperoleh 27 butir. Instrumen angket motivasi kerja yang valid diperoleh 26 butir. Instrumen angket kinerja guru yang valid diperoleh 25 butir. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh yang berarti antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja sebesar 4,8%; (2) terdapat pengaruh yang berarti antara budaya organisasi terhadap kepuasan kerja sebesar 2,3%; (3) terdapat pengaruh yang berarti antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja sebesar 7,8%; (4) terdapat pengaruh yang berarti antara budaya organisasi terhadap motivasi kerja sebesar 3,4%; (5) terdapat pengaruh yang berarti antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru sebesar 16,2%; (6) terdapat pengaruh yang berarti antara budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 7,6%; (7) terdapat pengaruh yang berarti antara kepuasan kerja terhadap kinerja guru sebesar 4,6%; dan (8) terdapat pengaruh yang berarti antara motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 10,2%. Hasil penelitian diperoleh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, kepuasan kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 59,7%, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.24 Ard p |
Keywords: | Budaya organisasi; Kepuasan kerja; Kepala sekolah |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4070 |