Desania, Fristita (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BERBANTUAN SOAL HOTS DI SMA NEGERI 13 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1. NIM 8176171011 COVER.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. NIM 8176171011 COVER.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 2. NIM 8176171011 APPROVAL SHEET.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. NIM 8176171011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 3. NIM 8176171011 ABSTRACT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. NIM 8176171011 ABSTRACT.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4. NIM 8176171011 PREFACE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. NIM 8176171011 PREFACE.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 5. NIM 8176171011 TABLE OF CONTENT.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. NIM 8176171011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of 6. NIM 8176171011 TABLES.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. NIM 8176171011 TABLES.pdf
Download (151kB)
![[thumbnail of 7. NIM 8176171011 CHAPTER I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. NIM 8176171011 CHAPTER I.pdf
Download (918kB)
![[thumbnail of 8. NIM 8176171011 CHAPTER II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. NIM 8176171011 CHAPTER II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 9. NIM 8176171011 CHAPTER III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. NIM 8176171011 CHAPTER III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 10. NIM 8176171011 CHAPTER IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. NIM 8176171011 CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 11. NIM 8176171011 CHAPTER V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. NIM 8176171011 CHAPTER V.pdf
Download (169kB)
![[thumbnail of 12. NIM 8176171011 BIBLIOGRAPHY.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
12. NIM 8176171011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (525kB)
![[thumbnail of 13. NIM 8176171011 ENCLOSURE.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
13. NIM 8176171011 ENCLOSURE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendekatan Problem Based Learning.(2) Untuk menganalisis self confidence siswa melalui pendekatan Problem Based Learning. (3) Untuk mengetahui banyaknya indikator kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa yang diajarkan melalui pendekatan Problem Based Learning (4) Untuk mengetahui kesulitan proses berpikir kritis siswa yang diajarkan melalui pendekatan Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA2 SMU Negeri 13 Medan sebanyak 20 orang siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan terdiri dari test kemampuan berpikir kritis, angket self confidence siswa, pedoman wawancara. Analisis data menggunakan model Mile and Huberman. Berdasarkan data yang diperoleh, (1) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi memiliki kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi tinggi. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang memiliki kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi sedang. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah memiliki kemampuan interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi rendah. Sedangkan siswa dengan self confidence (tinggi, rendah, sedang) memiliki percaya kepada kemampuan sendiri, bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, memiliki konsep diri yang positif, berani mengungkapkan pendapat dan mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri. (2) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi memiliki self confidence tinggi, siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang memiliki self confidence sedang, siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah memiliki self confidence rendah. (3) Indikator kemampuan berpikir kritis yang dominan adalah indikator dua (analisis) dan self confidence yang dominan adalah indikator satu (percaya kepada kemampuan sendiri), (4) Kesulitan yang dialami siswa yaitu siswa kurang mampu mengaplikasikan beberapa indikator pada kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa dalam menyelesaikan soal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Fri a |
Keywords: | Kemampuan berpikir kritis, self confidence. problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 04 Nov 2020 17:09 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40674 |