Tamba, Elsa Dameria (2020) Efektivitas Teknik Akrostik Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Rakyat Sei Gelugur Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151111017 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 2151111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 2151111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
4. NIM. 2151111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5. NIM. 2151111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM. 2151111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 2151111017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2151111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 2151111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
13. NIM. 2151111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 2151111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik akrostik terhadap kemampuan
menulis puisi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan
Rakyat Sei Gelugur dengan populasi 60 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas
VIII-2 (kelas eksperimen) dan kelas VIII-1 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini
dengan jumlah siswa masing-masing 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan desain penelitian two group post test design. Tes pada penelitian dengan desain ini
dilakukan sebanyak satu kali yaitu sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa
teknik pembelajaran akrostik di kelas eksperimen dan teknik pembelajaran latihan terbimbing di
kelas kontrol. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi
menggunakan teknik akrostik di kelas VIII-2 (kelas eksperimen) mendapatkan nilai rata-rata
78,83 (termasuk kategori baik). Sedangkan kemampuan menulis puisi menggunakan teknik
latihan terbimbing di kelas VIII-1 (kelas kontrol) mendapatkan nilai rata-rata 63,66 (termasuk
kategori cukup). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh
nilai t0 = 6,62. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% atau
dengan df = N-1. df = 30-1 = 29, maka perolehan tabel ttabel pada taraf sigifikasi 5% = 2,04.
Nilai t0> ttabel atau 6,62>2,04. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)
diterima. Hal ini membuktikan teknik pembelajaran akrostik lebih efektif digunakan terhadap
kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Rakyat Sei Gelugur
tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; teknik akrostik; menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 15:21 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 15:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40645 |