Efektivitas Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur- Unsur Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Barus, Ella Lestari Br. (2020) Efektivitas Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur- Unsur Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2153111008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2153111008 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2153111008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2153111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2153111008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2153111008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2153111008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2153111008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2153111008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2153111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2153111008 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2153111008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2153111008 CHART LIST.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2153111008 CHART LIST.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2153111008 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2153111008 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2153111008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2153111008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2153111008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2153111008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2153111008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2153111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Media Pembelajaran Teka-
Teki Silang (TTS) terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-Unsur Teks
Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu menggunakan media
pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) kemudian mengetahui efektivitasnya dari
instrumen yang telah dibagikan kepada siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VII SMP Negeri 8 Medan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 271
orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 orang yaitu kelas VII-
3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang dan kelas VII-4 sebagai kelas
kontrol berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel adalah random
sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design post-test
only. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah teka-teki silang pada
kelas eksperimen dan soal pilihan ganda pada kelas kontrol. Dari hasil analisis
data diketahui bahwa media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) lebih efektif
terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi siswa kelas VII
SMP Negeri 8 Medan. Dalam hal ini diperoleh nilai dengan rata-rata di kelas
eksperimen adalah 82,16 dan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 69,5.
Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas kontrol berdistribusi normal, yaitu Lhitung <
Ltabel (0,114 < 0,161), dan kelas eksperimen juga berdistribusi normal, yaitu Lhitung
< Ltabel (0,126 < 0,161). Kemudian berdasarkan uji homogenitas terbukti bahwa
sampel dalam penelitian ini berasal dari populasi yang homogen dengan Fhitung <
Ftabel yaitu 1,280 < 4,196. Selanjutnya dilihat dari pengujian hipotesis bahwa
hipotesis penelitian ini diterima dengan thitung > ttabel yaitu 5,01 > 2,04 yang
membuktikan bahwa media pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) efektif
terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi siswa kelas VII
SMP Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Teka-Teki Silang (TTS); Teks Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:09
Last Modified: 05 Nov 2020 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40644

Actions (login required)

View Item
View Item