SAMOSIR, AFRICILIA DUMASARI (2020) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7153344002 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 7153344002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
3. NIM 7153344002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
4. NIM 7153344002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM 7153344002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 7153344002 TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 7153344002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7153344002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 7153344002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
13. NIM 7153344002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM 7153344002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adanya hubungan keterampilan guru mengajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi siswa di SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan dengan jumlah populasi 105 orang yang terdiri dari 3 kelas dan sampel 51 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel keterampilan guru mengajar diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2,489 > 1,675) pada taraf signifikansi 95%, hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X1 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 2) secara parsial untuk variabel penggunaan media pembelajaran diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2,501 > 1,675) dengan signifikan 0,016 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X2 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y). 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (3,559> 3,190) dengan signifikan 0,035 < 0,05 hal ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara Keterampilan Guru Mengajar (X1) dan Penggunaan Media Pembelajaran (X2) dengan Prestasi Belajar (Y).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Keterampilan Guru Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020, dengan diperolehnya nilai R2 sebesar 43% yang berarti bahwa variabel bebas yaitu keterampilan guru mengajar (X1) dan penggunaan media pembelajaran (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan prestasi belajar sebesar 43% sedangkan sisanya 57% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Keterampilan Guru Mengajar dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar kelas XI OTKP di SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan Guru Mengajar, Penggunaan Media Pembelajaran dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Dec 2020 02:37 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 02:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40630 |