Mariatik (2013) HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, REWARD, DAN KOMITMEN KERJA DENGAN PRODUKTIVITAS GURU SD NEGERI DI KEC. MEDAN DELI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132035 Judul.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. 8106132035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. 8106132035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. 8106132035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. 8106132035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8106132035 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. 8106132035 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. 8106132035 Bab I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. 8106132035 Bab V.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
10. 8106132035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan supervisi kepala sekolah dengan produktivitas guru; (2) hubungan reward dengan produktivitas guru; (3) hubungan komitmen kerja dengan produktivitas guru; dan (4) hubungan supervisi kepala sekolah, reward, dan komitmen kerja dengan produktivitas guru. Subjek penelitian adalah SD Negeri di Medan Deli Kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 197 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian digunakan cara random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen yang digunakan adalah angket, pengujian validitas butir menggunakan koefisien korelasi product moment, dan untuk uji reliabilitas digunakan Rumus Alpha. Instrumen angket produktivitas guru yang valid diperoleh 24 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,781. Instrumen angket supervisi kepala sekolah yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,900. Instrumen angket reward yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,893. Instrumen angket komitmen kerja yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,881. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara supervisi kepala sekolah dengan produktivitas guru sebesar rX1Y = 0,356 > rtabel = 0,176 dan thitung = 5,368 > ttabel = 1,645; (2) terdapat hubungan yang berarti antara reward dengan produktivitas guru sebesar rX2Y = 0,331 > rtabel = 0,176 dan thitung = 4,905 > ttabel = 1,645; (3) terdapat hubungan yang berarti antara komitmen kerja dengan produktivitas guru sebesar rX3Y = 0,294 > rtabel = 0,176 dan thitung = 4,291 > ttabel = 1,645; dan (4) terdapat hubungan yang berarti antara supervisi kepala sekolah, reward, dan komitmen kerja dengan produktivitas guru sebesar Ry,123 = 0,464 > rtabel = 0,176 dan Fhitung = 17,662 > Ftabel = 2,65. Hasil penelitian diperoleh supervisi kepala sekolah, reward, dan komitmen kerja secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 21,5% terhadap produktivitas guru, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Mar h |
Keywords: | Kepala sekolah; Komitmen kerja; Supervisi; Reward; Produktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 Jun 2016 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4061 |