Samsuddin (2013) HUBUNGAN ANTARA BUDAYA ORGANIASASI, KOMPETENSI PROFESIONAL, DAN KEPUASAN KERJA DENGAN KOMITMEN KERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN ACEH TENGAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106132041 Judul.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. 8106132041 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. 8106132041 Abstrak.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4. 8106132041 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5. 8106132041 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 8106132041 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. 8106132041 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. 8106132041 Bab I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
9. 8106132041 Bab V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
10. 8106132041 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan budaya organisasi dengan komitmen kerja; (2) hubungan kompetensi profesional dengan komitmen kerja; (3) hubungan kepuasan kerja dengan komitmen kerja; dan (4) hubungan budaya organisasi, kompetensi profesional, dan kepuasan kerja dengan komitmen kerja. Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri di Kabupaten Aceh Tengah dengan jumlah sampel sebanyak 179 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian digunakan cara random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket komitmen kerja yang valid diperoleh 24 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,781. Instrumen angket budaya organisasi yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,900. Instrumen angket kompetensi profesional yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,893. Instrumen angket kepuasan kerja yang valid diperoleh 25 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,881. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara budaya organisasi dengan komitmen kerja sebesar ry1,23 = 0,348 > rtabel = 0,138 dan thitung = 7,050 > ttabel = 1,645; (2) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi profesional dengan komitmen kerja sebesar ry2,13 = 0,341 > rtabel = 0,138 dan thitung = 6,849 > ttabel = 1,645; (3) terdapat hubungan yang berarti antara kepuasan kerja dengan komitmen kerja sebesar ry3,12 = 0,278 > rtabel = 0,138 dan thitung = 5,141 > ttabel = 1,645; dan (4) terdapat hubungan yang berarti antara budaya organisasi, kompetensi profesional, dan kepuasan kerja dengan komitmen kerja sebesar Ry(123) = 0,465 > rtabel = 0,138 dan Fhitung = 16,106 > Ftabel = 2,65. Hasil penelitian diperoleh budaya organisasi, kompetensi profesional, dan kepuasan kerja secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 21,6% terhadap komitmen kerja, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Sam h |
Keywords: | Budaya organisasi; Kompetensi profesional; Kepuasan kerja; Komitmen kerja; Guru |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4055 |